Tuesday, September 7, 2010

Cara nyetel video 480x272 di PSP

Oke, mumpung lagi bawa PSP ponakan akhirnya inget juga untuk mencari cara mainin video MP4 dengan resolusi native (480x272) di PSP.

Biasanya kalo gw ngonvert pake converter yg biasa gw pake (Handbrake) trus gue pilih preset iPod, karena yang gw tau sih doi ngga bisa muter selain 320x berapa gitu. Cuma ya ngga puas.

Cari2 di forum sih...ternyata PSP bisa muter video dengan resolusi full 480x272 KALAU diencode ke format MPEG-4 AVC atau H.264 AVC, bukan MPEG-4 atau H.264 biasa.

Gini deh, daripada bertanya2 apa itu AVC blablabla sekarang gw jelasin langsung gimana caranya.

Software yang gw pake untuk convert video adalah Handbrake, OS pake Mac OS X Leopard 10.5.8, dan PSP 2000 dengan firmware 5.03.

1. Nyalakan handbrake
2. Pilih video yang akan diconvert
3. Pilih aja preset iPhone/iPod Touch (secara default dia udah pake ukuran 480x272 dan jangan lebih besar)
4. Setelah itu kebawah pilih tab Audio, ganti Audio Codec AAC (Core Audio) menjadi AAC (faac).
5. Klik tab Advanced. Ganti pilihan Reference Frames menjadi 1, dan Motion Estimated Method menjadi Default (Hexagon).
6. Klik Start.
7. Tunggu sampe selesai
8. Masukkan video hasil convert ke folder VIDEO di PSP anda
9. Setel.

Gitu doang sih. Btw gue blom coba kalo file nya bisa dimainin di ipod juga atau ngga. Kalo ternyata bisa berarti settingan ini paling recommended untuk mobile player macam PSP, ipod video, ipod classic, ipod touch dan iphone.

Gue juga ada screenshot untuk yang ngga ngerti klik dimana.

Sumber : http://forum.handbrake.fr/viewtopic.php?f=7&t=8405 (doi pake Windows).

Posted via email from "AFTER TODAY"

No comments:

Post a Comment